Hj.Kahfi Sabariah,M.PFis

Lahir di Jakarta, 26 February 1969 Pendidikan : S2 Institut Tehnologi Bandung Angkatan 2007, S1 Jakarta Angkatan 99, D3 IKIP Jakarta angkatan 88, SMAN 21...

Selengkapnya
Navigasi Web
TANTANGAN KE 11 Aplikasi Teknologi Nuklir STERILISASI RADIASI PENGION

TANTANGAN KE 11 Aplikasi Teknologi Nuklir STERILISASI RADIASI PENGION

Aplikasi Teknologi Nuklir

STERILISASI RADIASI PENGION Sterilisasi mengacu pada proses apa pun yang, menghilangkan, membunuh, atau menonaktifkan semua bentuk kehidupan (khususnya yang merujuk pada mikroorganisme seperti jamur, bakteri, virus, spora, organisme eukariotik uniseluler seperti Plasmodium, dll.) Setelah sterilisasi, suatu benda disebut sebagai steril atau aseptik. Sterilisasi dapat dicapai melalui berbagai cara, termasuk panas, bahan kimia, iradiasi, tekanan tinggi, dan penyaringan. Sterilisasi berbeda dengan desinfeksi, sanitasi, dan pasteurisasi, karena metode-metode menghilangkan semua bentuk kehidupan dan keadaan biologis yang ada.

Radiasi membunuh kuman yang dapat menyebabkan penyakit dan menetralkan organisme berbahaya lainnya. Sterilisasi dengan radiasi pengion menonaktifkan mikroorganisme dengan sangat efisien.

Radiasi pengion adalah jenis radiasi panjang gelombang pendek yang membawa energi yang cukup untuk membebaskan elektron dari atom atau molekul, sehingga mengionisasi. Radiasi ini menyebabkan kerusakan pada bahan genetik - DNA atau RNA - dari sel organisme. Jika DNA atau RNA mikroorganisme rusak, sel akan mati. Dengan kata lain, radiasi merusak hard drive bakteri, menyebabkannya mati untuk selamanya.

Sterilisasi dengan radiasi pengion menonaktifkan mikroorganisme dengan sangat efisien dan, ketika digunakan untuk pembungkus produk, memastikan bahwa produk perawatan kesehatan aman dan dapat diandalkan.

Radiasi pengion memiliki energi yang cukup sehingga berinteraksi dengan atom, dapat menghilangkan elektron yang terikat erat dari orbit suatu atom, menyebabkan atom menjadi bermuatan atau terionisasi, dinamakan radiasi atom atau radiasi nuklir. Radiasi pengion ,berbentuk radiasi elektromagnetik, di mana energi dibawa oleh medan listrik dan magnet yang berosilasi melintasi ruang angkasa dengan kecepatan cahaya. Contoh, Gelombang panas, Gelombang radio, Cahaya inframerah, Cahaya tampak, Sinar ultraviolet, Sinar X, Sinar gamma. Panjang gelombang yang lebih panjang, gelombang frekuensi yang lebih rendah (panas dan radio) memiliki energi lebih sedikit Panjang gelombang yang lebih pendek, gelombang frekuensi yang lebih tinggi (sinar X dan gamma). Hanya bagian frekuensi tinggi dari spektrum elektromagnetik yang meliputi sinar X dan sinar gamma yang terionisasi. Radiasi pengion menimbulkan ionisasi secara tidak langsung,Sinar-X, sinar gamma dan sinar kosmik . Radiasi non-pengion adalah radiasi yang tidak dapat menimbulkan ionisasi, gelombang radio, gelombang mikro, inframerah, cahaya tampak dan ultraviolet. Tidak semua radiasi elektromagnetik (EM) terionisasi Radiasi pengion partikel terdiri dari partikel atom atau subatomik (elektron, proton, dll.) Yang membawa energi dalam bentuk energi kinetik atau massa yang bergerak. Partikel alfa dan partikel beta dianggap sebagai pengion langsung karena membawa muatan dan karenanya dapat berinteraksi langsung dengan elektron atom melalui gaya coulomb (mis. Muatan saling tolak satu sama lain; muatan yang berlawanan menarik satu sama lain). Neutron adalah partikel pengion tidak langsung. Secara tidak langsung terionisasi karena tidak membawa muatan listrik.

https://tuttnauer.com/blog/sterilization-by-gamma-irradiation

https://www.iaea.org/topics/medical-sterilization

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya ampiuuuun bunda hajah kahfi sayasudah lupa dengan pelajaran ttg elektron dan ion pada jaman masih SMA , bunda begitu hebat luar biasa nih keren

03 Jun
Balas

penjabarannya mantap abisss.

03 Jun
Balas



search

New Post