Hj.Kahfi Sabariah,M.PFis

Lahir di Jakarta, 26 February 1969 Pendidikan : S2 Institut Tehnologi Bandung Angkatan 2007, S1 Jakarta Angkatan 99, D3 IKIP Jakarta angkatan 88, SMAN 21...

Selengkapnya
Navigasi Web
TANTANGAN GURUSIANA KE 10 Aplikasi Teknologi Nuklir  SEJARAH STERILISASI RADIASI ( Bag 1)

TANTANGAN GURUSIANA KE 10 Aplikasi Teknologi Nuklir SEJARAH STERILISASI RADIASI ( Bag 1)

Aplikasi Teknologi Nuklir

SEJARAH STERILISASI RADIASI ( Bag 1)

By.Kahfi sabariah

Resensi ini di Tulis untuk mengubah mindset tentang Nuklir yang hanya membahayakan bagi manusia. Sesungguhnya Nuklir bermanfaat sekali untuk kehidupan .

Bagaimanakah Sejarah Radiasi bermanfaat untuk manusia? Silahkan membacanya.

Sejarah sterilisasi oleh radiasi, tanggal kembali ke 1895 ketika sinar-X pertama kali ditemukan oleh W.C. Rontgen. Fenomena ini sedang diperiksa pengaruhnya terhadap mikroorganisme. dan ditemukan mematikan. Pada tahun 1896 Henri Becquerel mengamati radiasi yang dipancarkan dari uranium. Dan pada tahun 1898 Marie dan Pierre Curie menemukan beberapa elemen radioaktif dan pertama kali menggunakan istilah "radioaktif." Marie menerima hadiah Nobel dua kali dalam dua disiplin ilmu yang berbeda meskipun dia menderita penyakit darah yang disebabkan oleh paparan radiasi yang berkepanjangan. Marie kemudian meninggal karena penyakit ini, yang dikenal sebagai Anemia Aplastik, pada usia 66 tahun. Efek radiasi yang merusak tidak diketahui pada saat itu dan oleh karena itu tidak ada langkah-langkah keamanan yang diambil. Curie membawa tabung reaksi berisi isotop radioaktif di sakunya, dan menyimpannya di laci mejanya, mengomentari cahaya redup yang dikeluarkan zat-zat itu di ruangan gelap. Komponen cahaya mematikan ditemukan berada di wilayah ultra-violet dari spektrum ditemukan pada tahun 1903. Sterilisasi ultra-violet, radiasi Cobalt-60 ditemukan pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Pada tahun 1958 pabrik iradiasi makanan komersial pertama diresmikan di Stuttgart, Jerman, yang mengolah rempah-rempah. Pada tahun 1963, irradiator gamma pertama diresmikan di AS untuk pemrosesan dan sterilisasi perangkat medis. Pada tahun 1964 Energi Atom Kanada menugaskan fasilitas sterilisasi industri kobalt-60 pertama untuk mensterilkan jahitan bedah.

Saat ini, 40-50% produk medis sekali pakai yang diproduksi di negara maju disterilkan dengan radiasi dan ada lebih dari 200 irradiator gamma di seluruh dunia yang beroperasi untuk berbagai keperluan.

Setiap zat yang terurai memancarkan radiasi elektromagnetik, tetapi tidak semua radiasi elektromagnetik cocok untuk sterilisasi. Beberapa zat terlalu kuat, uranium dan plutonium misalnya. Mereka mungkin mensterilkan, tetapi mereka juga akan membunuh semua yang lain di lingkungan. Jadi tidak semua Radioaktif radiasinya dapat digunakan untuk sterilisasi, uranium dan plutonium tidak digunakan untuk sterilisasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa bun

03 Jun
Balas

Mantap bu

02 Jun
Balas



search

New Post